Jumat, 08 Juni 2012

makalah hadist tentang pendidikan kepribadian T 2a


MAKALAH
PENDIDIKAN KEPRIBADIAN

Diajukan Untuk Memenuhi
Tugas Presentasi Pada Mata Kuliah Hadits
Dosen pengampu : Dra.Hj. Nurul Maziyah, M.M.




Disusun Kelompok 4 :
1. Ahmad Baedlowi       (211012)
2. Amalia khasanah       (211O21)
3. Ahmad Zen                (211018)
 

Instutut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara
Fakultas Tarbiyah 2A
Jalan Taman Siswa No. 09 Tahunan Jepara
Tahun Akademi 2011/2012



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Tabaroka Wataala atas segala limpahan rahmat, taufik, serta inayah-Nya sehingga makalah kami dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang insyaAllah semaksimal mungkin.
Salawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW yang telah membawa ajaran kebenaran yang menerangi hati kita dengan nur ilahi, dan kita mendapatkan safaatnya di yaumul kiyamah kelak, amiin.
            Kami mengangkat makalah ini dengan judul “pendidikan kepribadian” dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas pada mata kuliah hadits.
            Kami mengucapakan banyak terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah hadits beliau Ibu Dra.Hj. Nurul Maziyah, M.M. yang telah membimbing kami agar selalu berada pada jalan yang lurus. Terima kasih kami sampaikan pula kepada orang tua kami yang selalu memberi dukungan dan doa demi kelancaran studi kami. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih juga kepada semua pihak yang telah bersusah payah bekerja sama dalam pembuatan makalah ini, sehingga kami dapat menyelesaikannya dengan lebih maksimal.
            Kami menyadari bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna  termasuk makalah kami ini, untuk itu kami membutuhkan segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak untuk kebaikan bersama yaitu kesempurnaan makalah ini. Terima kasih.
                                                                                               

Jepara, 01 April 2012
                                                                                                            Penyusun

                                                                                                         (Kelompok 4)










DAFTAR ISI

                                                                                                                    halaman
HALAMAN SAMPUL........................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI...........................................................................................................   iii
BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang………………………………………………………….             1
B.     Rumusan Masalah………………………………………………………             1
C.     Tujuan Masalah…………………………………………………………             1
BAB II
ANALISIS PENDIDIKAN KEPRIBADIAN
  1. Pengertian Kepribadian……………………………………………..                        2
  2. Ciri-ciri Kepribadian yang teguh……………………………………….             2
  3. Metode meraih pribadi yang baik…………………………………..             4
D.    Faktor Pembentuk Kepribadian…………………………………….             6
  1. Prinsip Kependirian yang Baik……………………………………..             7
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan………………………………………………………….             9
B.     Penutup……………………………………………………………...             9
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………..                        10








BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Islam merupakan agama yang santun karena dalam islam sangat menjunjung tinggi pentingnya etika, moral, dan akhlak mulia pada pribadi manusia. Kepribadian yang baik, dengan segala macam bentuk dan warnanya, sangat kita perlukan di setiap tempat dan waktu: dalam hubungan kita dengan Allah. Dengan hubungan kita kepada diri kita, dan dalam hubungan kita dengan masyarakat. Kita semua mempunyai akhlak dan perilaku yang baik di dalam hidup, dan memperoleh ganjaran yang baik di akhirat kelak.
Adapun pertanyaan bagaimana kita menerapkan perangai dan tingkah laku yang baik di dalam kehidupan kita, maka jawabanya adalah bahwa yang menjadi landasan kita dalam hal ini adalah akal (hikmah), yaitu dengan menggunakannya pada jalan yang benar; kemudian agama yaitu dengan berpegang teguh kepada ajaran-ajarannya; dan juga akhlak dan kesopanan.
Imam Ali as berkata: “Akal adalah landasan yang paling kuat. Imam Ali as juga berkata: “Akal adalah kebaikan setiap orang.” Pada kesempatan lain, Imam Ali as juga berkata: “Agama dan kesopanan adalah buah dari akal.”[1]
Pada makalah ini akan mengupas berbagai kumpulan kaidah dan juga pandangan mengenai kepribadian seseorang yang bersumber dari Al-Qur’an, Hadits, dan juga perkata para ulama modern.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian dari pendidikan kepribadian?
2.      Bagaimana cara yang benar dalam membentuk kepribadian seorang muslim?
3.      Mengapa warga muslim mesti memiliki kepribadian yang teguh?
4.      Faktor apa saja yang mampu merangsang kepribadian seseorang?
C.    Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui pengertian dari pendidikan kepribadian.
2.      Untuk mengetahui cara yang benar dalam membentuk kepribadian seorang muslim.
3.      Untuk mengetahui alasan Mengapa warga muslim mesti memiliki kepribadian yang teguh.
4.      Untuk mengetahui Faktor yang mampu merangsang kepribadian seseorang.

BAB II
ANALISIS
PENDIDIKAN KEPRIBADIAN

A.    Pengertian Kepribadian
Kepribadian berasal dari kata personality (bahasa Inggris) yang berasal dari kata persona (bahasa Latin) yang berarti kedok atau topeng. Yaitu tutup muka yang sering dipakai oleh pemain-pemain panggung, yang maksudnya untuk menggambarkan perilaku, watak, atau pribadi seseorang. Hal itu dilakukan karena terdapat ciri-ciri yang khas yang hanya dimiliki oleh seseorang tersebut baik dalam arti kepribadian yang baik, ataupun yang kurang baik.[2]
Begitu juga dengan orang Arab menyebut kepribadian dengan istilah "شَخْسِيَّةٌ"  dari kata "شَخْسٌ"  yang berarti orang seorang. Maka dari pengertian kedua istilah tersebut belum bisa menjawab apa itu kepribadian karena masih bersifat umum dan kabur. Tetapi dalam bahasa Indonesia ada istilah yang cukup menjawab, walau belum cukup gambling, yaitu istilah jati diri yang berarti keadaan diri (sendiri) yang sebenarnya (sejati). Di sana kita dapati pengertian  kepribadian adalah ciri atau karakteristik atau gaya atau sifat khas dari diri seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan, misalnya keluarga pada masa kecil, dan juga bawaan seseorang sejak lahir. Kepribadian seseorang akan berpengaruh terhadap akhlak, moral, budi pekerti, dan etika orang tersebut ketika berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari di manapun ia berada. Artinya, etika, moral, norma, dan nilai yang dimiliki akan menjadi landasan perilaku seseorang sehingga tampak dan membentuk menjadi budi pekertinya sebagai wujud kepribadian orang itu.[3]
B.     Ciri-ciri Kepribadian yang teguh
Al-Faqih Abu Laits berkata: “Tanda pibadi yang teguh adalah bila ia memelihara 10 hal, dengan mewajibkannya atas dirinya;
Pertama, memelihara lidah dari menggunjing orang lain, karena firman Allah SWT:
 وَلاَ يَغْضَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا
“Dan janganlah sebagian kamu menggunjing orang lain.”
Kedua, menjauhi buruk sangka, karena Nabi SAW bersabda:
إِيَّا كُمْ وَسُوْءَ الظَّنِّ فَإِنَّهُ إَكْذَ بَ الْحَدِيْثِ
“Hindarilah olehmu berburuk sangka, karena berburuk sangka adalah ucapan yang paling dusta.”
Ketiga, menjauhkan diri dari memperolok-olokkan orang lain, karena firman Allah SWT:
لاَ يَسَْخَرْ قَوْهٌ مِنْ قَوْمٍ عَسى إَنْ يَكُوْنُوْا خَيْرًا مِنْهُمْ
“Janganlah suatu kaum memperolok-olokkan kaum lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang memperolok-olokkan).”
Keempat, menahan pandangan dari hal-hal yang diharamkan, karena firman Allah SWT:
قُلْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ إَبْصَارِهِمْ
“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: hendaklah mereka menahan pandangannya.”
Kelima, kejujuran lidah, karena firman Allah SWT:
وَإِذَا قُلْتُمْ فَاعْدِ لُوْا
“Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil.”
Keenam, menafkahkan harta pada jalan Allah, karena firman Allah SWT:
إَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ
“Nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik.”
Ketujuh,jangan boros, karena firman Allah SWT:
وَلاَ ُتَبَذِّ رْ تَبْذِ يْراً
”Dan janganlah kamu hambur-hamburkan hartamu secara boros.”
Kedelapan, janganlah ingin diunggul-unggulkan maupun dibesarkan dirinya, karena firman Allah SWT:
تِلْكَ الدَّ رُ اْلاَ خِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِيْنَ يُرِيْدُ وْنَ عُلُوًّا فِي اْلاَ رْضِ وَلاَ فَسَا دًا وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ
“Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan yang baik itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.”
Kesembilan, memelihara shalat lima waktu, karena firman Allah SWT:
حاَ فِضُوْا عَلَى الصَّلَوتِ وَالصَّلوةِ الْوُسْطَى وَقُوْمُوْا لِلّهِ قَانِتِيْنَ
“Peliharalah semua shalat (mu), dan peliharalah shalat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.”
Kesepuluh, teguh hati dalam menganut Aswaja, karena firman Allah SWT:
وَإَِنَّ هذَا صِرَاطِيْ مُسْتَقِيْمًا فَاتَّبِعُوْهُ وَلاَ تَتَّبِعُوا السُّبُِلُ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيْلِهِ
“Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan yang itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya.”[4]
C.    Metode meraih pribadi yang baik
1.      Mementingkan pendidikan rohani

       Allah SWT telah menciptakan malaikat sebagai makhluk yang hanya berdimensikan rohani, dan binatang sebagai makhluk yang hanya berdimensikan materi. Akan tetapi, Allai SWT menciptakan manusia sebagai makhluk yang berdimensikan rohani dan materi.

Malaikat adalah makhluk yang tidak mungkin berbuat maksiat kepada Allah SWT dan senantiasa melaksanakan apa yang diperintahkan-Nya. Adapun binatang adalah makhluk yang berwatakan materi, walaupun dia mempunyai roh yang merupakan sumber hidup baginya dan juga rasa sampai tingkat tertentu. Sedangkan manusia, Allah telah menciptakannya dengan susunan yang memungkinkannya menerima ujian di alam dunia. Allah SWT telah menjadikannya dengan perpaduan antara sisi rohani dan sisi materi.

Sebagaimana dituntut menaruh perhatian terhadap sisi materinya, supaya ia dapat mempertahankan kelangsungan hidupnyah, ia juga dituntut menaruh perhatian terhadap sisi rohaninya, supaya dari satu sisi tercipta Keseimbangan, tidak terlalu condong kepada sisi materi, dan dari sisi lain supaya ia mempunyai hubungan dengan Allah SWT dan berpegang teguh kepada ajaran-ajaran-Nya.

Sisi rohani mempunyai peranan penting di dalam pendidikan jiwa. Oleh karena itu, kita mendapati bahwa orang yang mempunyai hubungan yang dekat dengan Allah SWT jarang tertimpa kelainan jiwa. Sedangkan orang mempunyai hubungan yang lemah dengan-Nya, atau yang sama sekali tidak mempunyai hubungan dengan-Nya, seperti orang ateis, banyak yang tertimpa kelainan jiwa dengan berbagai akibat yang menyertainya. Bahkan lebih jauh lagi, sisi rohani akan memantulkan pengaruh-pengaruhnya pada raga manusia, dan menjadikannya orang yang sehat, bersemangat, dan aktif.

2.      Menghitung diri dan mengawasi segala perbuatan

Rasulullah Saw bersabda: "bukan dari kalangan kami orang yang tidak menghitung dirinya setiap hari dan malam." Sebagai manusia kita sangat mungkin berbuat dosa dan kekhilafan di dalam hidup ini, dengan senantiasa mengawasi Perbuatan kita dan menghitung diri kita, kita dapat menyucikan diri terus melangkah maju, menjauhi segala sesuatu yang tidak layak, menjadi orang-orang yang mempunyai jiwa bersih, takwa, dan diridai oleih Allah SWT.

3.      Melakukan introspeksi

Introspeksi adalah salah satu bentuk perhitungan diri, dan merupakan alat terpenting bagi manusia dalam memperbaiki kesalahan-kesalahannya. Bila orang tidak mempunyai penasihat dari dalam dirinya, maka nasihat apapun tidak bermanfaat baginya. Bila orang tidak mau menerima kritikan dari nuraninya sendiri, maka ia akan dapat menerimanya dari orang lain. Dialah yang lebih mengenal dirinya, jauh melebihi siapapun.

Di dalam hadis-hadis Rasulullah saw terdapat kandungan berikut,"Barang siapa tidak mempunyai penasihat dari dalam dirinya maka tidak akan bermanfaat baginya semua nasihat."

4.      Menerima kritikan orang lain

Di samping melakukan introspeksi , seseorang juga harus mau menerima kritikan yang dilontarkan orang lain. Orang yang mau menerima kritikan orang lain adalah orang yang memiliki jiwa positif dan konstruktif. Mau menerima kritikan orang lain adalah pertanda kelapangan dada, kesabaran, kemampuan mengendalikan diri, ke dalam akal dan hikmah.
Dari sisi kritik manusia terbagi menjadi dua kelompok:
1.      Orang yang mau menerima kritik
2.      Orang yang lari dan tidak mau menerima kritik.

Seorang selayaknya mendidik dirinya untuk dapat menerima kritikan objektif dari orang lain. Karena pada yang demikian itu terdapat kebesaran jiwa, kelapangan dada, perbaikan terhadap perbuatan dan tingkah laku, dan kemajuan di medan amal.

Sebaliknya , jika anda hendak mengkritik orang lain, kritiklah dengan kritikan yang konstruktif, tidak menyakiti, tidak berlebihan, dan tidak didasari oleh hawa nafsu. Janganlah kritikan yang anda lontarkan menyimpang ataupun melebar dari pokok persoalan yang sesungguhnya. Susun dan tujukan kritik anda pada sisi yang jelas.

5.      Jangan merasa puas dengan diri pribadi

Yang dimaksud dengan tidak puas di sini bukanlah seseorang harus hidup dalam keadaan gelisah dan tidak tenang, melainkan jangan menjadikan kepuasan sebagai jalan menuju kelalaian, penyimpangan, dan surut dari kebenaran, dan amal kebajikan.

Merasa puas dengan diri sendiri bisa membangkitkan rasa ego dan kecintaan terhadap diri yang berlebihan, yang pada akhirnya menyebabkan ketidakridaan manusia dan Allah SWT.

     Imam Ali as berkata: “Orang yang merasa puas dengan dirinya [menyebabkan] banyak orang marah dan tidak puas terhadapnya.[5]

D.    Faktor Pembentuk Kepribadian
       Ada tiga faktor pembentuk kepribadian.
Ali ra pernah berkata:

كُنْ عِنْدَ اللهِ خَيْرَ النَّاسِ وَكُنْ عِنْدَ النَّفْسِ شَرَّ النَّاسِ وَكُنْ عِنْدَ النَّاسِ رَجُلاً مِنَ النَّاسِ

1.      Jadilah manusia paling baik di sisi Allah.
2.      Jadilah manusia paling buruk dalam pandanganmu
3.       Jadilah manusia biasa di hadapan orang lain.

Syah Abdul Qadir Al-Jailani berkata: “Bila engkau bertemu dengan seorang, hendaknya engkau memandang dia itu lebih utama dari pada dirimu dan katakan dalam hatimu: Bolehk jadi dia lebih baik dari sisi Allah daripada diriku ini dan lebih tinggi derajatnya.”

Jika dia orang yang lebih kecil dan lebih muda umurnya dari pada kamu, maka katakanlah dalam hatimu: Boleh jadi orang kecil ini tidak banyak berbuat dosa, maka tidak diragukan lagi kalau derajat dirinya jauh lebih baik dariku.

Bila dia orang yang lebih tua, maka hendaknya engkau mengatakan dalam hati: Orang ini telah lebih dahulu beribadah kepada Allah daripada diriku.

Jika dia orang yang 'Alim, maka katakanlah dalam hatimu: Orang ini telah diberi oleh Allah sesuatu yang tidak bisa aku raih, telah mendapatkan apa yang tidak bisa aku dapatkan, telah mengetahui apa yang tidak aku ketahui, dan telah mengamalkan ilmunya.

Bila dia orang bodoh, maka katakan dalam hatimup: Orang ini durhaka kepada Allah karena kebodohannya, sedangkan aku durhaka kepada-Nya,padahal aku mengetahuinya. Aku tidak tahu dengan apa umurku akan Allah akhiri atau dengan apa umur orang bodoh itu akan Allah akhiri (apakah dengan khusnul khatimah atau dengan su'ul khatimah).  
Bila dia orang kafir, maka katakan dalam hatimu: Aku tidak tahu bisa jadi dia akan masuk islam, lalu menyudahi seluruh amalannya dengan amal salih, dan bisa jadi aku terjerumus menjadi kafir, lalu menyudahi seluruh amalanku dengan amal yang buruk."      
Dalam pandangan islam semua manusia itu sama, tidak dibeda-bedakan karena status sosial, harta, tahta, keturunan, atau latar belakang pendidikannya. Manusia yang paling mulia derajatnya di sisi Allah adalah yang paling tinggi kadar ketakwaannya di antara mereka.
Menurut Moh. Roqib dan Nurfuadi, Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang dapat dikelompokkan dalam dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal:
2.      Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri. Faktor internal ini biasanya merupakan faktor genetis atau bawaan. Faktor genetis maksudnya adalah faktor yang berupa bawaan sejak lahir dan merupakan pengaruh keturunan.
3.      Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar orang tersebut. Faktor eksternal ini biasanya merupakan pengaruh yang berasal dari lingkungan seseorang misalnya keluarga, teman, atau pergaulan.

Untuk menjadi muslim yang berkepribadian utuh, dituntut kemampuan diri untuk menjadikan iman atau agama sebagai faktor terpenting pada dirinya, sehingga (dengannya) dapat menghindarkan diri dari berbagai tantangan, gangguan, dan ancaman serta cobaan hidup dan kehidupan. Untuk itu diperlukan latihan dan pendidikan yang terus menerus serta pembinaan yang berkepanjangan.[6]
E.     Prinsip Kependirian yang Baik
Hadits Hudzaifah Ibnu Yaman riwayat at-Turmudzy, tentang perlunya prinsip kepribadian dalam kehidupan

عَنْ خُذْيْفَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص م لاَ تَكُوْنُوْا اِمَّعَةً تَقُوْلُوْنَ إِنْ اَحْسَنَ النَّاسُ أَحْسَنَّا وَاِنْ ظَلَمُوْا ظَلَمْنَا وَلَكِنْ وَطِّنُوْا اَنْفُسَكُمْ إِنْ اَحْسَنَ النَّاسُ أَنْ تُحْسِنُوْا وَاِنْ اَسَاَءُوْا فَلاَ تُظْلِمُوْا (روه الترمدى)

Hudzaifah berkata, bahwasanya Rasulullah SAW pernah bersabda: “Janganlah kalian menjadi tidak berpendirian, kalian berkata, “Jika manusia berbuat baik, kamipun berbuat baik, dan jika manusia berbuat dholim, kamipun berbuat dholim; akan tetapi tetaplah pada pendirian kalian. Jika orang-orang berbuat kebaikan, berbuat baiklah kalian, dan jika
orang-orang berbuat kejahatan, janganlah kalian berbuat kejahatan”. (H.R. Turmudzi)[7]
Ada 2 hal yang perlu digaris bawahi dalam hadits tersebut, yaitu:
  1. Larangan bagi umat Islam untuk ikut-ikutan, artinya manusia muslim dilarang bersifat seperti bunglon yang pandai berubah warna dalam setiap situasi.
  2. Perintah Nabi kepada umat Islam agar mempunyai pendirian (prinsip). Pendirian yang dimaksud adalah pendirian yang dibangun atas dasar tauhid, yang pada gilirannya akan menciptakan manusia yang berpribadi, tidak mudah goyah dan tidak mudah pula terpengaruh.
Pada hadits lain disebutkan bahwa manusia yang tidak mempunyai pendirian diibaratkan seonggok buih di tengah lautan, yang akan bergerak searah gerakan angin yang menghempasnya. Sifat inilah yang menyebabkan kehancuran umat Islam.
Meskipun demikian, Islam tidak mengajarkan kepada umatnya bukan untuk melahirkan sifat kekakuan, sebaliknya keluwesan dalam menghadapi persoalan bukanlah menjadi indikasi lemahnya prinsip Islam yang dimiliki.
Betapa pentingnya istiqomah dalam kehidupan karena dapat menuntun kita ke jalan yang benar dan diridhai Allah SWT. Berpendirian atau istiqomah berarti teguh atas jalan yang lurus, berpegang pada akidah Islam dan melaksanakan syariat dengan teguh, tidak berubah dan berpaling walau dalam keadaan apapun.[8]















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
ü  kepribadian adalah ciri atau karakteristik atau gaya atau sifat khas dari diri seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan, misalnya keluarga pada masa kecil, dan juga bawaan seseorang sejak lahir.
ü  Ciri-ciri Kepribadian yang teguh yaitu memelihara lidah dari menggunjing orang lain, menjauhi buruk sangka, menjauhkan diri dari memperolok-olokkan orang lain, menahan pandangan dari hal-hal yang diharamkan, kejujuran lidah, menafkahkan harta pada jalan Allah, jangan boros, janganlah ingin diunggul-unggulkan maupun dibesarkan dirinya, memelihara shalat lima waktu, teguh hati dalam menganut aswaja.
ü  Metode meraih pribadi yang baik yaitu Pentingkan pendidikan rohani, Hitung diri dan awasi perbuatan anda, lakukan introspeksi, terimalah kritikan orang lain, jangan merasa puas dengan diri anda.
ü  Menurut Imam Ali as Faktor pembentuk kepribadian ada tiga yaitu Jadilah manusia paling baik di sisi Allah,Jadilah manusia paling buruk dalam pandanganmu,  Jadilah manusia biasa di hadapan orang lain.
ü  Manusia yang tidak mempunyai pendirian diibaratkan seonggok buih di tengah lautan, yang akan bergerak searah gerakan angin yang menghempasnya. Sifat inilah yang menyebabkan kehancuran umat Islam.


B.     Penutup
Demikianlah yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan jujul makalah ini.
Penulis banyak berharap pembaca yang budiman sudih memberikan kritik dan saran yang membengun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah dikesempatan-kesempatan berikutnya.
Semoga makalah ini berguna dan bermanfaat bagi penulis juga para pembaca yang budiman pada umumnya.






DAFTAR PUSTAKA

Al-Musawi,Khalil.  2002. Bagaimana Mengembangkan Kepribadian Anda. Jakarta: Lentera.
Daes,Ahmad . 1989.  Konsep Kepribadian Dalam Al-Quran dan Hadits. Jakarta: t.p.
Mustofa,Ahmad. 1991.  Mizah Al-Hikmah. Malang: Sentosa.
Roqib, Mohammad dan Nurfuadi. 2009. Kepribadian Guru. Purwokerto: STAIN Purwokerto Press.
Sitanggal, Anshory Umar.  1991. Terjemah Durratun Nashihin. Semarang: CV Asy Syifa’.
Sujanto,Agus. 2006.  Psikologi Kepribadian. Semarang: Bumi Akasara.
Tirmidzi. 2005. Sunan Tirmidzi. Kairo: Daarul Hadits
Zuhri,  Mohammad dkk. 1992. Tarjamah Sunan At-Tirmidzi. Semarang: CV. Asy-Syifa’.









[1] Ahmad Mustofa, Mizah Al-Hikmah, (Malang: Sentosa, 1991), hlm. 406.
[2] Agus Sujanto, Psikologi Kepribadian, (Semarang: Bumi Akasara, 2006), hlm.189.
[3] Ahmad Daes, Konsep Kepribadian Dalam Al-Quran dan Hadits, (Jakarta: t.p., 1989), hlm. 9.
[4] Anshory Umar Sitanggal, Terjemah Durratun Nashihin, (Semarang: CV Asy Syifa’, 1991), hlm.294-296.
[5] Khalil Al-Musawi, Bagaimana Mengembangkan Kepribadian Anda, (Jakarta: Lentera, 2002), hlm. 64-68.

[6] Moh. Roqib dan Nurfuadi, Kepribadian Guru, (Purwokerto: STAIN Purwokerto Press, 2009), hlm. 28

[7] Tirmidzi, Sunan Tirmidzi, (Kairo: Daarul Hadits, 2005), hlm. 89.
[8] Moh. Zuhri Dipl, TAFL dkk, Tarjamah Sunan At-Tirmidzi, (Semarang: CV Asy-Syifa’, 1992), hlm. 210.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar